Friday, April 24, 2015

Tugas Softskill - komputasi modern pada website perusahaan PT. Telkom

Nama -Nama Kelompok kelas 4IA14 :
Rio     
(http://streetpeacefulness.blogspot.com/)

Lajuardi eka putra siregar 
(http://lajuardiputrasiregar.blogspot.com/)

Dennis         
( http://dennisshandysngr.blogspot.com// )



Sebelum membahas tentang website perusahaan yang berbasis komputasi modern,  kami akan membahas pengertian dan jenis-jenis komputasi modern terlebih dahulu. Komputasi modern merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah.  Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas.

Jenis-jenis Komputasi Modern

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu :

1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

3. Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Cloud Computing atau komputasi awan merupakan sebuah solusi layanan penyimpanan data yang kian marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia dan di Indonesia. Salah satu perusahaan yang fokus pada pelayanan Cloud Computing adalah yaitu PT. Telkom. dengan website http://www.telkom.co.id/.

Penerapan komputasi modern pada website perusahaan PT. Telkom

Telkom menetapkan TelkomCloud Computing sebagai salah satu layanan unggulan dari empat area pertumbuhan Telkom yang diharapkan dapat meningkatkan revenue portofolio information Telkom. Telkom Cloud Computing merupakan payung bagi layanan-layanan Cloud Computing yakni TelkomVPS dan TelkomCollaboration yang ditujukan untuk pelanggan usaha kecil dan menengah.

Berikut tampilan website perusahan telkom yang menampilkan beberapa tampilan layanan beserta informasi yang berbasis cloud computing :












Layanan TelkomCloud telah digunakan oleh lebih dari 60 perusahaan dari berbagai industri, dan sebagian besar berasal dari industri keuangan yang sangat mementingkan security terhadap pengelolaan data yang mereka miliki. “Sebagai upaya revitalisasi TelkomCloud, telah dilakukan pembenahan infrastruktur IT dan platform pendukung TelkomCloud, penambahan layanan dan bundling dengan layanan VPN Telkom sedemikian rupa sehingga layanan TelkomCloud juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan enterprise.

Layanan baru yang ditambahkan ke dalam portofolio Telkom antara lain: VPS (Virtual Private Server) non-windows, Storage as a Services (sebagai VAS dari VPS), vDataCenter (solusi Virtual Private Data Center), dan layanan WebEx (layanan Web conferencing/online meeting bermitra dengan Cisco). Melalui upaya revitalisasi ini, Telkom berharap dapat memulai perannya sebagai penyedia layanan Cloud Computing (Cloud Computing Service Provider) untuk pelanggan enterprise dan sekaligus UKM.
Layanan Cloud Computing pada perusahaan dapat dikelompokan menjadi :


Software as a Services 
 <> Salesforce.com layanan yang diberikan berupa CRM online
 <> Zoho.com layanan word processor seperti google docs, project mgt, invoice online
 <> Xero.com layanan nya adalah acounting online

Platform as a Services 
 <> Google AppEngine yang menyediakan layanan aplikasi diatas platform google dengan 
       bahasa pemrograman Phyton dan Django
 <> Salesforce.com menyediakan modul-modul untuk mengembangkan aplikasi di atas 
       salesforce menggunakan bahasa Apex
 <> Facebook yang memungkinkan kita untuk mengembangkan aplikasi lain, contohnyaZynga

Infrastructure as a Services
<> Amazon.com dengan produknya EC2 (Elastic Computing Cloud) yang menyediakan 
      layanan media penyimpanan dan penyewaan CPU yang dilengkapi dengan sistem 
      operasi yang bisa disewa dengan hitungan jam.
<> Akamai dengan produknya Akamai’s Intelligent Internet Platform

yang seluruhnya disalurkan ke pelanggan melalui jejaring yang aman dan terpecaya.

Refrensi : 

http://www.telkom.co.id/.
http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern.html
http://khresnapurnama.blogspot.com/2013/03/pengertian-jenis-dan-contoh-komputasi.html

No comments:

Post a Comment